Observasi Pengembangan SDM di Koperasi Ranu Makmur
Senin,
14 Mei kami melakukan observasi di Koperasi Serba Usaha Ranu Makmur yang
terletak di Jl. Menoreh Raya 50 C Sampangan, Semarang. Visi misi di Koperasi
Ranu Makmur ini hampir sama dengan koperasi pada umumnya yaitu untuk
pengembangan di sisi ekonomi dan mencari keuntungan. Tujuan dari Koperasi Ranu
Makmur adalah memutar uang anggota untuk selanjutnya dipinjamkan lagi dengan
calon anggota. Jadwal Buka Koperasi Ranu
Makmur setiap Senin- Jum’at dari 08.00 – 16.00 sedangkan pada Sabtu dari 08.00
– 12.00.
Koperasi
Ranu Makmur mempunyai 6 karyawan dengan pembagian tugas sebagai berikut:
·
Manajer :Mengelola koperasi, pengambil keputusan
·
CMO (2
orang) :Marketing, kredit marketing,
mencari calon nasabah
·
Collection :Melakukan penagihan
·
Administrasi
·
Kasir
Pengurus
di Koperasi Ranu Makmur:
·
Ketua :
Oni Prawiyanto, S.Pd
·
Sekretaris : Sigit Prihatmoko, S.T
·
Bendahara : Bentris, S.E
·
Pengawas
Setiap
hari masing-masing karyawan melaksanakan aktivitas sesuai dengan tugasnya
masing-masing. Untuk melamar di Koperasi ini syaratnya minimal lulusan D3 dengan
jurusan yang berhubungan dengan koperasi, misalnya lulusan jurusan Akuntansi,
Ekonomi dan lain-lain. Setelah mengajukan lamaran maka calon karyawan akan
diwawancara untuk menentukan posisi jabatan. Training terhadap karyawan baru dilakukan
selama 3 bulan, lalu naik tingkatan menjadi karyawan honorer selama 3 tahun
setelah itu akan menjadi karyawan tetap.
Tahapan-
tahapan Training :
·
Pengenalan tata tertib
·
Estetika dan etika dalam bekerja
·
Tugas yang disesuaikan dengan jabatan
pekerjaan
·
Pendalaman tugas
Pengembangan
SDM pada Koperasi Ranu Makmur lebih ditekankan pada pengembangan kepribadian,
karena pada dasarnya tenaga yang dimiliki sudah terampil atau akan mudah bagi
pegawai baru untuk mempelajari tata kerja operasional usaha simpan pinjam. Pengembangan
kepribadian dilakukan dengan pemberian contoh perilaku pengurus dalam mengawasi
kerja para pengelola, menanamkan kejujuran dan loyalitas para pengelola dalam
bekerja karena catatan kerja mereka sangat berguna bagi pengemabangan karir
mereka. Dimanapun mereka bekerja hendaknya diutamakan loyalitas dan kesungguhan
dalam menjalankan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Selain itu
pengembangan SDM juga dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh
Lembaga-lembaga misalnya Lembaga Perbankan, setelah menjalani pelatihan maka
ilmu yang didapatkan akan ditularkan ke karyawan CMO, kasir, dan lain
sebagainya.
Agenda
Kegiatan pada Koperasi Ranu Makmur;
·
1 bulan sekali ada meeting.
·
1 bulan sekali ada brifing.
·
Awal bulan ada evaluasi pencapaian
target
·
Setiap senin dilaksanakan etika dan etos
kerja
·
1 tahun sekali ada penilaian yang
dilakukan oleh Manajer dengan sebelumnya di ajukan dalam rapat pengurus.
Perbandingan
Koperasi Ranu Makmur dengan Koperasi lain pada umumnya
Menurut penuturan Hary tidak ada
kelebihan di koperasi ini karena antara koperasi yang satu dengan yang lain
saling bekerja sama. Berdasarkan sumber dari Wikipedia, Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh
orang-seorang demi kepentingan bersama.[1] Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan
prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Prinsip
koperasi adalah suatu sistem ide-ide abstrak yang merupakan petunjuk untuk
membangun koperasi yang efektif dan tahan lama.[3] Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International
Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional)
adalah
- Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
- Pengelolaan yang demokratis,
- Partisipasi anggota dalam ekonomi,
- Kebebasan dan otonomi,
Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi. Menurut
Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki
fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan
jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa. Keunggulan Koperasi kemungkinan koperasi untuk memperoleh
keunggulan komparatif dari perusahaan lain cukup
besar mengingat koperasi mempunyai potensi kelebihan antara lain pada skala ekonomi, aktivitas yang nyata, faktor-faktor precuniary,
dan lain-lain.
Pengurus koperasi dipilih dari kalangan
dan oleh anggota dalam suatu rapat anggota. Ada kalanya
rapat anggota tersebut tidak berhasil memilih seluruh anggota Pengurus dari
kalangan anggota sendiri.. Hal demikian umpamanya terjadi jika
calon-calon yang berasal dari kalangan-kalangan anggota sendiri tidak memiliki
kesanggupan yang diperlukan untuk memimpin koperasi yang bersangkutan,
sedangkan ternyata bahwa yang dapat memenuhi syarat-syarat ialah mereka yang
bukan anggota atau belum anggota koperasi (mungkin sudah turut dilayani oleh
koperasi akan tetapi resminya belum meminta menjadi anggota).
Kelemahan dari Koperasi Ranu Makmur terkait dengan pertumbuhan
keanggotaan yang lambat. Kebanyakan masyarakat datang ke koperasi berkaitan
dengan meminjam dana. Permohonan mereka untuk menjadi anggota masih dalam
proses sampai semua ketentuan yang tercantum dalam anggaran dasar dan anggaran
RT terpenuhi. Sambil menunggu proses, mereka dimasukkan kedalam calon anggota.
Menyadari hal tersebut pengurus beserta pengelola terus menyakinkan para calon
anggota dan masyarakat untuk bergabung menjadi anggota / calon anggota. Cara-
cara yang dilakukan oleh Koperasi Ranu Makmur antara lain dengan cara-cara
simpatik, petugas front office yang relatif muda dan ramah, fasilitas “jemput bola”,
dan kantor yang mudah dijangkau. Masyarakat diharapkan datang sendiri ke kantor
untuk menjadi angggota / calon anggota. Sampai dengan akhir tahun 2011 jumlah
anggota teracatat 20 orang dan calon anggota sebanyak 328 orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar